Home


SAYA BERTEMPAT TINGGAL DI ,,,,,,

Pesantren Terpadu

PP.Daru Ulil Albab

Kelutan-Ngronggot-Nganjuk

Sekretariat:Jln.Sungai Brantas No.25 Ds.Kelutan-
Kec.Ngronggot-Kab.Nganjuk.Telp.0358.792 799.
A.     Muqoddimah
Kejayaan suatu bangsa sangat tergantung pada integritas pribadi anggota masyarakat dari bangsa tersebut . Bangsa yang  masyarakatnya tidak memiliki integritas kepribadian yang baik tidak mungkin dapat melaksanakan pembangunan dengan baik. Karena pribadi yang tidak memiliki kepribadian yang integral hanya akan menjadi obyek pembangunan, bukan subyek pembangunan.
Lembaga pendidikan pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional tertua di Nusantara ini, memiliki tradisi dan pola pendidikan integral yang telah terbukti mampu melahirkan tokoh-tokoh yang memiliki integritas pribadi yang tidak dapat diragukan lagi. Pendidikan yang benar-benar membina dan mengembangkan tiga potensi dasar santrinya.Yakni potensi kognetif, afektif dan psikomotoriknya. Sehingga terbentuk pribadi yang ideal. Seorang pribadi yang memiliki wasanan yang luas, penghayatan yang mendalam akan ilmunya, dan ketrampilan yang baik dalam mengamalkan ilmunya.
Pada umumnya masyarakat pesantren memiliki komitmen yang tinggi terhadap tradisi (baik keagamaan maupun sosial), dan kurang responsif terhadap perkembangan peradaban. Demikian juga banyak pesantren yang karena komitmennya pada tradisi yang diyakini sebagai kebaikan, akhirnya enggan menerima pembaharuan. Sehingga banyak pesantren yang tertinggal dalam peradaban klasik yang tidak sholih (selaras) terhadap peradaban yang sedang berkembang, sehingga out put (keluaran) pesantren tidak mampu menerima estafeta kepemimpinan bangsa dan tidak dapat mengelola kakayaan alam negeri ini sabagai rahmat Allah bagi umat islam dan bangsa Indonesia.
Untuk menjawab keterbelakangan umat islam dan tantangan zaman, maka maka Yayasan Pondok Pesantren Daru Ulil Albab, mendirikan sebuah Pesantren Terpadu dengan spesifikasi sebagai berikut.
B.     Visi dan Misi
-Visi :
Menjadi pesantren percontohan dlm bidang menejemen, kurikulum dan pola asuh santri, bagi lembaga pendidikan keagamaan di jawa timur.
-Misi :
Menghantarkan santri menjadi generasi bangsa yg mampu mewarisi dunia dan akhirat secara seimbang, serta menggugah masyarakat islam untuk bangkit menyongsong kejayaan islam.
C.     Tujuan
Terbentuknya pribadi-pribadi muslim yg ;
-         memiliki tanggung jawab yang besar dalam meninggikan kalimat Allah dan meratakan rahmat-Nya ke seluruh alam,
-          bertaqwa kepada Allah dan  berakhlak mulia,
-         cerdas dan berketrampilan hidup yg mandiri.
D.    Bentuk Pendidikan
Pendidikan di pesantren ini berbentuk integral dan berjenjang. Integral dalam arti penggabungan antara model pendidikan formal,informal dan nonformal dalam satu menejemen. Dan berjenjang dalam arti setiap santri harus berada dalam suatu jenjang pendidikan  yang sesuai dengan tingkatan akademik formalnya. Yaitu; MI, SMP Islam, SMK Islam dan Perguruan Tinggi Keislaman yang sementara ini ada.
E.     Status Lembaga
Lembaga yang menaungi pesantren ini adalah Yayasan yang didirikan pada tanggal 8-Agustus 2005,dengan Akta Notaris:Slamet SH, nomor;04/08/2005. dan terdaftar di dalam Departemen Agama dengan nomor statistik:Nomor Statistik Pesantren: 512. 351 808 003.
F.      Fasilitas
-         Dewan pengasuh yang terdiri dari para sarjana  (S1, S2, S3) dari berbagai disiplin yang sekaligus alumni dari berbagai pesantren, serta para ustadz alumni pesantren salaf.
-         Lembaga Pendidikan Formal : MI (Thoriqul Huda), SMP Islam Ulul Albab, SMK Islam Ulul Albab (status negeri), STIA Islam Ulul Albab (jurusan tarbiyah/PAI,Syari’ah/Ekonomi Islam, dan Ushuluddin/psikologi islam.
-         Lembaga Pendidikan Non Formal: Madin Ulul Albab, Kursus Komputer dan Bhs.Inggris.
-         Laboraturium: Bahasa, Komputer, IPA, Pertanian, dan multimedia informatika.
-         Gedung, asrama dan lapangan olah raga (semua) milik sendiri.
-         Letak pesantren jauh dari keramaian kota yang cocok bagi anak yang serius mencari ilmu.
G.    Kurikulum
Kurikulum yang diterapkan dalam pembinaan santri adalah berbentuk modifikasi antara kurikulum Diknas (untuk pendidikan Formal), Depag. (untuk pendidikan nonformal dan madrasah diniyah) dan kurikulum khas ulul albab (untuk pendidikan informal).
H.    Pola Asuh
Setiap santri berada di bawah asuhan pembina (musyrif). Dan seorang musyrif hanya membina santri maksimal tujuh  orang. Dalam pelaksanaan dan pembinaan serta pengawasan santri secara umum dilakukan oleh murobbi. Sehingga musyrif bertindak sebagai wakil pengasuh (murobbi).
Dalam pembinaan integral kepribadian santri, santri harus mengikuti pengembangan kognesi yang berupa  pendidikan pola tutorial dan klasikal, serta diskusi kelompok. Sedangkan untuk pengembangan afeksi santri harus mengikuti kegiatan dzikir, mujahadah dan tartil al-qur’an. Adapun untuk pengembangan psikomotorik santri harus mengikuti praktek ibadah, praktek ketrampilan profesi dan penugasan-penugasan oleh musyrif secara disiplin.
I.       Pengasuh dan Asaatidz
Pengasuh (murobbi) adalah DR.KH.Kharisudin Aqib, M.Ag,  beserta dewan asatidz dan beberapa orang musyrif (pembina) dan musyrifah (pembina putri) yang secara penuh menyertai aktifitas keseharian santri dan tinggal bersama dalam satu pesantren
  1. Lokasi Pesantren
Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab, berada di sebuah lokasi yang sangat strategis untuk orang yang benar-benar menghendaki belajar dengan baik. Terlindung  dari keramaian kota, tetapi mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau kendaraan khusus. Di tepian sungai Sungai Brantas  Desa Kelutan-Kec.Ngronggot-Kab.Nganjuk Telp.0358.792 799.
K. Penutup.
Iman dan ilmu yang integral dalam kepribadian yang unggul adalah bekal paling berharga bagi anak cucu kita. Masukkan anak cucu anda pada Pesantren Terpadu yang didirikan oleh Yayasan Pondok Pesantren Daru Ulil Albab.Insya allah siap mengemban amanat anda. Dan insya allah putra-putri anda akan menjadi generasi masa depan yang berkualitas.Dhohiron wa Bathinan.